Kumpulan Doa Pulang Sekolah, Agar Ilmu Menjadi Berkah

Sekolah adalah tempat kita menimba ilmu. Dan urusan doa sebenarnya adalah utama. Setiap murid ataupun santri pastilah diajarkan doa. Agar yang kita lakukan bernilai ibadah. Wajib bagi seorang murid membaca doa pulang sekolah. Agar apa yang diajarkan oleh guru dapat dipahami dan diamalkan.

Sebagai orang yang belajar, hendaknya seluruh amalan di awali dengan doa. Dan diakhiri juga dengan doa. Minimal sekali membaca basmallah ketika hendak melakukan kegiatan. Dan membaca doa hamdallah ketika selesai.

Karena apa yang kita lakukan di sekolah adalah kebaikan. Maka wajib hukumnya membaca doa. Karena seluruh amalan seorang muslim dapat bernilai ibadah manakala diawali dengan doa. Tapi tidak termasuk dengan perkara haram yaaa.

Perkara haram manakala diawali dengan doa, tetap saja haram. Misalnya sebelum minum minuman keras membaca basmalah. Maka amalan tersebut tetap saja dosa. Karena minuman keras sendiri juga di haramkan. Wait, minuman keras maksud kami adalah yang memabukkan ya.

Baca Juga : Keutamaan Ayat Kursi, Bikin Setan Lari

Sedikit mengingatkan, bahwa doa ini adalah untuk bagi agama islam. Adapun doa pulang sekolah agama katolik atau kristen tidak kami cantumkan. Mohon maaf sebelumnya.

Kumpulan Doa Pulang Sekolah

kumpulan doa pulang sekolah lengkap arab dan latin serta terjemah

Membaca surat al-ashr

Surat al-ashr ini cukup pendek. Hanya tiga ayat. Walaupun ayatnya pendek, namun surat ini menjadi favorit seluruh kalangan. Hayo, sering kan baca pas waktu sholat? ciee ketahuan kan kan kan.

وَٱلۡعَصۡرِ ۝ إِنَّ ٱلۡإِنسَـٰنَ لَفِی خُسۡرٍ ۝ إِلَّا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ وَتَوَاصَوۡا۟ بِٱلۡحَقِّ وَتَوَاصَوۡا۟ بِٱلصَّبۡرِ ۝

Tulisan arab latin surat al-ashr :

wal-‘aṣr, innal-insāna lafī khusr, illallażīna āmanụ wa ‘amiluṣ-ṣāliḥāti wa tawāṣau bil-ḥaqqi wa tawāṣau biṣ-ṣabr

Arti surat al ashr : Demi masa, sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Doa Memohon Petunjuk

Doa ini pastilah menjadi hal yang harus di panjatkan. Biar bagaimanapun, kita manusia ini pastilah butuh petunjuk. Dan sebaik-baik petunjuk dari Allah. Setidaknya banyak petunjuk yang dapat kita temui di al-quran atapun hadits.

اللَّهُمَّ إنِّي أسْألُكَ الهُدَى ، والتُّقَى ، والعَفَافَ ، والغِنَى

Cara baca doanya : Allaahumma inni as alukal huda wattuqo wal’afafa wal gina

Artinya : Ya Allah, aku meminta kepada-Mu petunjuk, dan ketakwaan, dan keterjagaan (terhindar dari hal haram) dan kekayaan hati (rasa cukup)

Doa Tunjukkan Kebenaran

Pastilah kita sering mendengarnya. Yap, seringkali di ucapkan doa ini pada khutbah kedua di hari jumat. Belajar pun seperti itu. Kita berharap bahwa ilmu yang didapat ini kebenaran. Namun yang perlu dipahami bahwa kebenaran haqiqi itu datangnya dari Allaah SWT.

ﺍﻟﻠﻬُﻢَّ ﺃَﺭِﻧَﺎ ﺍﻟﺤَﻖَّ ﺣَﻘّﺎً ﻭَﺍﺭْﺯُﻗْﻨَﺎ ﺍﻟﺘِﺒَﺎﻋَﺔَ ﻭَﺃَﺭِﻧَﺎ ﺍﻟﺒَﺎﻃِﻞَ ﺑَﺎﻃِﻼً ﻭَﺍﺭْﺯُﻗْﻨَﺎ ﺍﺟْﺘِﻨَﺎﺑَﻪُ، ﺑِﺮَﺣْﻤَﺘِﻚَ ﻳَﺎ ﺃَﺭْﺣَﻢَ ﺍﻟﺮَّﺍﺣِﻤِﻴﻦَ

Allaahumma arinal haqqa haqqa, warzuqnat-tiba’ah, wa arinal batila batilaa, warzuqnajt tinabah, bi rahmatika yaa arhamar rahimiin

Arti doa : Ya Allaah, Tunjukkanlah kepada kami kebenaran dan berikan kami jalan untuk mengikutinya, dan tunjukanlah kami kebatilan dan berikan kami jalan untuk menjauhinya.

Doa Memohon Petunjuk dan Kebenaran

Sangat singkat doa ini. Insya Allaah mudah di hafalkan bagi anak paud, tk, sd, smp hingga sma. Untuk anak pesantren sendiri diwajibkan menghafal doa ini.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالسَّدَادَ

Allaahumma inni as alukal huda was sadaad

Artinya : Ya Allah, aku meminta kepada-Mu petunjuk dan kebenaran.

Doa Minta Ilmu dan Diberikan Pemahaman

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا , وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Rabbii zidnii i’lmaa, warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash shoolihiin.

Artinya : Ya Allah, tambahkanlah bagiku ilmu, dan karuniakanlah aku untuk dapat memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk dari golongan orang-orang yang shalih.

Salah satu doa favorit, sewaktu masa sd nih. Doa ini mengajarkan kepada kita, agar tidak sekedar meminta diberikan ilmu. Akan tetapi juga minta agar dipahamkan tentangnya. Karena paham ilmu itu sangatlah penting. Di zaman ini banyak yang berilmu, namun tidak banyak yang paham.

Doa Agar Ilmunya Bermanfaat

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلَّهِ عَلَى كُلِّى حَالٍ

Rabbana anfa’naa bimaa ‘alamtana alladzi yanfa’unaa wa zidnaa ‘ilma, walhamdulillaahi ‘ala kulihaal

Artinya: Wahai Rabb kami, jadikanlah ilmu kami, ilmu yang bermanfaat, ajarkan kepada kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami dan tambahkanlah ilmu untuk kami, segala puji hanya bagi Allah dalam seluruh keadaan.

Agar ilmu bermanfaat, tak lupa juga hafalkan doa ini. Dan para guru hendaknya mengajarkan ketika sebelum pulang.

 

Leave a Comment