Doa Sholat Tahajud yang Mustajab Penarik Rezeki

Seringkali kita mencari apa doa sholat tahajud yang mustajab. Yang mana bagi seorang mukmin doa adalah kekuatan. Dan seluruh isi dari sholat adalah doa. Kita pasti tahu, bahwa sholat tahajud adalah tuntunan Rasulullaah SAW. Yang mana beliau sholat hingga kaki beliau bengkak. Ini menunjukkan bahwasanya sholat tahajud adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan.

Doa Sholat Tahajud yang Mustajab Sesuai Tuntunan

Kapan Waktu Sholat Tahajud?

Sebelum membahas tentang apa saja doa sholat tahajud yang mustajab sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW. Ada baiknya kita mengetahui kapan saja waktu sholat tahajud yang di anjurkan. Pada umumnya, Sholat tahajud boleh dilaksanakan setelah sholat isya. Namun Nabi Muhammad SAW menganjurkan pada sepertiga malam terakhir.

Kapankah sepertiga malam terakhir?

Kita ambil contoh menggunakan waktu indonesia bagian barat atau wib.

Sepertiga malam pertama ialah setelah isya sampai jam 22.00.

Sepertiga malam kedua perkiraan di jam 22.00 sampai jam 01.00.

Adapun sepertiga malam terakhir di jam 01.00 hingga waktu shubuh.

Tata Cara Sholat Tahajud

Sholat tahajud caranya tidaklah sulit. Sama seperti halnya sholat sunnah 2 rakaat. Yang harus diperhatikan adalah waktu dikerjakannya. Sholat tahajud hanya boleh dikerjakan setelah sholat isya hingga menjelang shubuh. Dan yang terkadang menjadi bahan diskusi adalah di jam berapa sholat tahajud.

Sunnah Doa Sholat Tahajud yang Mustajab
Keutamaan Sholat Tahajud

Banyak sekali tuntunan dari Nabi Muhammad SAW terkait waktu sholat tahajud. Lebih utamanya sholat tahajud dikerjakan di sepertiga malam terakhir. Namun apabila kita takut tidak bisa bangun di sepertiga malam terakhir, maka diperbolehkan sholat tahajud sebelum tidur. Dan jangan lupa untuk sholat witr satu rakaat.

Sholat Malam atau sholat tahajud itu 2 Rakaat 2 Rakaat. Jika salah seorang dari kalian Khawatir akan masuk waktu Subuh, maka hendak-lah lakukan sholat sunah Witir 1 Rakaat sebagai Penutup yang menjadi sholat yangg sudah dilakukan sebelumnya. (HR. Bukhari dan Muslim).

Inilah doa sholat tahajud yang mustajab

Doa bagi seorang mukmin adalah senjata. Dimana waktu sepertiga malam merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Maka siapkanlah doa yang ingin dipanjatkan. Berikut ini adalah bacaan doa setelah selesai sholat tahajud lengkap latin dan artinya.

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ

وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ

وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ

وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ

فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ

 اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ

وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Cara membaca doa setelah selesai sholat tahajud latin:

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fî hinna.

Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqa’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haq. Was sa‘atu haq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu.

Fagfirlî ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Arti Doa setelah selesai sholat tahajud adalah:

Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya.
Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya.
Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya.
Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.”
Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan,
Maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku,
Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan,
tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (unutk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.

kiat sholat tahajud
Susah bangun malam?

Keutamaan sholat tahajud yang jarang diketahui

Sholat sunnah paling utama

Sholat malam atau sholat tahajud sangatlah dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Karena Rasulullah SAW bersabda au kama qola:

“Sholat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i)

Balasan sholat tahajud pastinya adalah Surga

“Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi)

Dijauhkan dari bahaya

“Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”

Adapun 5 keutamaan di dunia yang dimaksud adalah dipelihara oleh Allah SWT dari segala bentuk bencana, ciri ketaatannya akan terlihat di mukanya, akan dicintai oleh hamba Allah yang sholeh dan disukai semua manusia, lidahnya mampu mengucapkan kata-kata bijak yang mengandung hikmah dan dijadikan orang bijaksana, yakni diberikan pemahaman dalam urusan agama.

Kata ulama terkait sholat tahajud

Demikian pembahasan mengenai apa saja doa sholat tahajud yang mustajab. Semoga Allah SWT memberikan kita kekuatan untuk melaksanakan sholat tahajud. Semoga kita semua istiqomah dalam beramal

1 thought on “Doa Sholat Tahajud yang Mustajab Penarik Rezeki”

Leave a Comment