Kumpulan Dzikir Tolak Bala Yang Musti Di Hafalkan

Wabah corona merupakan bala’. Sebagai manusia biasa kita membutuhkan perlindungan dari Allah Maha Kuasa. Lantas bagaimanakah caranya? salah satunya dengan membaca dzikir tolak bala. Apakah kamu sudah hafal?

Pengertian Dzikir

Apasih dzikir tolak bala? Sebelumnya kita bahas dulu pengertian dzikir. Dzikir berasal dari kata ذكر- يذكر- ذكرا  yang artinya adalah mengingat suatu hal atau mengucap setelah lupa dan atau berdoa kepada Allah SWT. Pengertian lain dari dzikir ialah mengingat atau menghafalkan sesuatu. Dan bisa diartikan dengan lidah atau hal yang baik.

Adapun pengertian dzikir menurut imam Nawawi, Berdzikir adalah merupakan amalan yang dianjurkan syariat dan dituntut di dalam agama islam. Amalan tersebut dapat dilakukan dengan (qalbu) hati atau dengan lidah. Dan lebih baik dengan lidah dan hati. Ketahuilah bahwasanya dzikir tidak hanya ucapan tasbih, tahlil, tahmid, dan takbir, malahan dzikir adalah setiap amalan yang taat dilakukan hanya karena Allah.

Begitulah menurut Imam Nawawi, yang perlu diperhatikan dalam adab berzikir adalah tidak melantunkan dzikir di tempat kotor semisal kamar mandi. Dan sebaiknya dzikir diucapkan setelah tiap sholat. Karena tuntunan setelah sholat adalah membaca dzikir.

Kumpulan dzikir tolak bala pagi petang Sunah Nabi
art by Ridwan taufik

Kalimat-Kalimat Dzikir Tolak Bala Sesuai Sunnah

Tasbih

سُبْحَانَ اللّهُ

Arti : Maha Suci Allah

Tahmid

اَلْحَمْدُلِلّهِ

Arti : Segala puji bagi Allah

Takbir

اَللّهُ اَكْبَرُ

Arti : Allah Maha Besar

Istighfar

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ

Arti : Aku memohon ampun kepada Allaah

Membaca surat Al-Anbiya’ ayat 87 (Dzikir Nabi Yunus as)

لا اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ

Arti : Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.

Membaca surat al-ikhlas

قُلۡ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ ۝ ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ ۝ لَمۡ یَلِدۡ وَلَمۡ یُولَدۡ ۝ وَلَمۡ یَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدُۢ

Arti : Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.

Membaca surat al-falaq

قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلۡفَلَقِ ۝ مِن شَرِّ مَا خَلَقَ ۝ وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ ۝ وَمِن شَرِّ ٱلنَّفَّـٰثَـٰتِ فِی ٱلۡعُقَدِ ۝ وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Arti : Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.

Dzikir tolak bala, yuk baca surat an-nass

قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلنَّاسِ ۝ مَلِكِ ٱلنَّاسِ ۝ إِلَـٰهِ ٱلنَّاسِ ۝ مِن شَرِّ ٱلۡوَسۡوَاسِ ٱلۡخَنَّاسِ ۝ ٱلَّذِی یُوَسۡوِسُ فِی صُدُورِ ٱلنَّاسِ ۝ مِنَ ٱلۡجِنَّةِ وَٱلنَّاسِ

Arti : Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.

Membaca surat al-baqarah ayat 201

رَبَّنَاۤ ءَاتِنَا فِی ٱلدُّنۡیَا حَسَنَةࣰ وَفِی ٱلۡـَٔاخِرَةِ حَسَنَةࣰ وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Arti : Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.

Doa terhindar dari wabah penyakit

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالجُذَامِ، وَمِنْ سَيِّئِ الأَسْقَامِ

Arti : Ya Allah sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra, dan dari penyakit-penyakit yang mengerikan.

Doa agar tidak dicabut nikmat yang diberikan Allah

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ، وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ، وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Arti : Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari: hilangnya nikmat dariMu, lenyapnya kesehatan dariMu, adzabMu yang mendadak dan aku berlindung dari seluruh murkaMu.

Doa agar dimudahkan seluruh urusan

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Arti doa : Ya Allah, aku mengharapkan rahmatMu. Maka jangan biarkan aku bergantung dengan diriku sendiri sekejap matapun. Dan perbaikilah urusanku seluruhnya! Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau.

Membaca 2 ayat terakhir surat al-baqarah

ءَامَنَ ٱلرَّسُولُ بِمَاۤ أُنزِلَ إِلَیۡهِ مِن رَّبِّهِۦ وَٱلۡمُؤۡمِنُونَۚ كُلٌّ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَمَلَـٰۤىِٕكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ لَا نُفَرِّقُ بَیۡنَ أَحَدࣲ مِّن رُّسُلِهِۦۚ وَقَالُوا۟ سَمِعۡنَا وَأَطَعۡنَاۖ غُفۡرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَیۡكَ ٱلۡمَصِیرُ ۝ لَا یُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفۡسًا إِلَّا وُسۡعَهَاۚ لَهَا مَا كَسَبَتۡ وَعَلَیۡهَا مَا ٱكۡتَسَبَتۡۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذۡنَاۤ إِن نَّسِینَاۤ أَوۡ أَخۡطَأۡنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحۡمِلۡ عَلَیۡنَاۤ إِصۡرࣰا كَمَا حَمَلۡتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِینَ مِن قَبۡلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلۡنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦۖ وَٱعۡفُ عَنَّا وَٱغۡفِرۡ لَنَا وَٱرۡحَمۡنَاۤۚ أَنتَ مَوۡلَىٰنَا فَٱنصُرۡنَا عَلَى ٱلۡقَوۡمِ ٱلۡكَـٰفِرِینَ

Arti : Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.

Dibaca 1 kali tiap malam

Membaca doa dalam kondisi sulit

لا إله إلا الله العظيم الحليم، لا إله إلا الله رب العرش العظيم، لا إله إلا الله رب السماوات و رب الأرض و رب العرش الكريم

Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah: Dzat Yang Mah Agung, Dzat Yang Maha Penyantun. Tidak ada Illah yang berhak disembah kecuali Allah, sang Pemilik Arsy yang agung. Tiada ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah; sang Pemilik langit dan sang Pemilik bumi dan sang Pemilik Arsy yang mulia.

Membaca ayat kursi

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya.

Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar. (Ayat kursi, al-baqarah : 255)

Dibaca setiap habis sholat

Baca juga Keutamaan ayat kursi dan tafsirnya

Leave a Comment