Kode Remote TV Universal 100% Anti Gagal

Seperti yang diketahui, televisi bukan lagi menjadi barang super mewah. Hampir setiap rumah memilikinya. Di sisi lain, perkembangan TV pun semakin maju dengan adanya televisi tipe LED dan LCD. TV model tabung yang identik dengan desain berukuran besar, seperti sebutannya, tak membuat televisi tabung ini ditinggalkan oleh penggemarnya. Apalagi, jenis barang elektronik ini punya kode remote TV yang mudah dan sangat universal.

Oke sobat goodtizen, Seberapa pentingkah kode remote TV itu? Jelas sangat penting mengingat TV tabung yang masih digunakan sering kali menemui masalah pada remotenya. Sedangkan kalau beli lagi, kebanyakan sudah tak diproduksi oleh produsen TV tersebut. Pilihan alternatifnya adalah menggunakan remote universal yang bisa dibeli di tokopedia atau toko online kesukaan anda. Agar bisa dipakai, remote baru itu harus disetting dulu dan biasanya memerlukan kode-kode tertentu.

 

cara menggunakan kode remote tv

Well, kami juga mengetahui kalau ada remote tv dari aplikasi android, akan tetapi kita bahas dulu yang ini sob.

Beda merek televisinya, beda pula kode remote dan cara settingnya. Namun kamu tak perlu cemas, karena kamu bisa menemukan kode remote TV terlengkap di sini. Simak seterusnya ya!

Kode Remote TV Sharp

Di luar sana, TV tabung Sharp cukup banyak ditemui dan digunakan oleh masyarakat. Televisi satu ini mempunyai 7 kode remote TV yang bisa kamu pilih salah satunya. Kode-kode tersebut antara lain adalah 025, 135, 136, 137, 003, 018, 016. Tiga digit tersebut bisa dipilih untuk dipakai ketika akan menyeting remote baru ke TV tabung merk sharp. Bagaimana ya caranya?

Cara Memasukkan Kode Remote Untuk TV Sharp

Kamu bisa memasukkan kode-kode di atas sendiri karena caranya sangat mudah, berikut selengkapnya:

  1. Ambil remote yang telah kamu beli
  2. Nyalakan televisinya
  3. Tekan tombol set dan tahan jangan dilepas kemudian tekan juga tombol powernya. Tunggu sebentar sampai lampu di remote menyala. Kalau sudah, kedua tombol bisa dilepaskan.
  4. Silahkan tekan salah satu kode remote Sharp, misalnya saja 016 maka tekan angka 0 lalu 1 dan 6
  5. Ketika sudah selesai ditekan, biasanya lampu akan off dan selanjutnya remote baru bisa digunakan.

Kode Remote TV Samsung

Selain TV tabung merek Sharp, ada juga merek Samsung yang banyak digunakan oleh konsumen menengah ke bawah. Untuk deretan kode remote televisi Samsung antara lain:

  • Kode remote untuk TV Samsung tabung yaitu 008, 011, 016, 021, 024, 025, 033, 037, 039, 040, 043, 050, 051, 091, 113, 123, 375 dan juga 379.
  • Kode remote untuk TV Samsung LCD yakni 024 dan 005.

Sebelum menginput kode remote TV di atas, sebaiknya perhatikan lagi model televisinya. Untuk Samsung TV LCD kodenya tidak sebanyak seri televisi tabung. Kendati demikian, kamu cukup memilih satu saja bukan semuanya ya.

gambar tv samsung led terbaru

Cara Memasukkan Kode Remote Untuk TV Samsung

Ketika kamu telah membeli remote baru, kamu bisa cek apakah ada buku panduannya atau tidak. Kalau memang tak ada tidak jadi masalah dan mungkin kamu bisa mencoba cara berikut:

  1. Nyalakan televisimu
  2. Tekan tombol set bersamaan dengan power dalam waktu beberapa detik.
  3. Tunggu sampai lampu indikator di remote menyala
  4. Kalau lampu pada remote sudah menyala, silahkan tekan kodenya sesuai kode remote TV yang dijelaskan di atas. Pastikan dalam menekan tombol kodenya berurutannya, karena kalau tidak maka setting bisa tidak berhasil. Misalnya saja pada televisi jenis tabung, kamu bisa menekan angka 3, kemudian 7 dan 9.
  5. Setelah kode diinput, maka tunggu sebentar. Kalau lampu di remote sudah mati atau off, itu tandanya remote baru siap digunakan.
  6. Kamu bisa coba-coba dulu untuk lebih mengetahui channel-channel di TV dengan angka pada remote baru. Sebab bisa saja berubah, jadi kamu mungkin perlu penyesuaian.

Kode Remote TV Polytron

Banyak lagi merek televisi di pasaran, seperti Polytron yang termasuk salah satu brand terpopuler. Kamu bisa menggunakan remote universal untuk menggantikan remote yang telah rusak. Sama seperti televisi lain, kamu perlu mengetahui kode untuk remote TV Polytron itu. Daftar untuk kode remote TV Polytron antara lain 017, 024, 043, 053, 120, 150, 151, 152 dan 214.

Cara Memasukkan Kode Remote Untuk TV Polytron

Setelah kita mengetahui kode remote TV merek Polytron, kamu bisa mulai menyetel remote baru tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Nyalakan TV Polytron milikmu
  2. Ambil remote barunya dan tekan tombol set bersamaan dengan tombol power sampai lampu indikator di remote menyala
  3. Kalau sudah, lepaskan tombol tersebut dan silahkan tekan digit kode remote TV Polytron tersebut. Misalkan saja kode 214 maka kamu harus menekan secara urut dari angka 2, 1 dan 4
  4. Ketika setting berhasil, maka biasanya lampu pada remote akan padam. Setelah itu, kamu bisa menggunakan remote baru tersebut seperti remote sebelumnya. Hanya saja mungkin untuk letak angka channel televisi ada yang berbeda.

Kode Remote TV LG

Televisi merk LG memang cukup banyak diminati oleh konsumen bahkan karena kualitasnya yang bagus, TV ini mampu bertahan lama. Hanya saja, untuk remote terkadang kurang dijaga bisa rusak. Kalau mau dibawa ke tempat service mungkin akan memakan waktu dan biaya yang bisa jadi lebih mahal dari pada beli remote universal. Lagi pula, remote tersebut bisa digunakan untuk televisi LG tabung di rumah kan?

Sama seperti TV lainnya, ada kode remote yang harus diinput ketika akan menyetel. Berikut ini adalah kode remote TV merk LG yakni:

  • Kode untuk remote TV tabung yaitu103, 140, 043, 024, 259, 260 dan 261.
  • Kode untuk remote TV LCD yakni 024 atau 140.

Itulah beberapa kode remote TV LG seri tabung dan yang LCD. Kamu bisa pilih salah satu untuk digunakan dalam menyetel remote baru nanti.

Cara Memasukkan Kode Remote Untuk TV LG

Biar lebih detail, berikut ini adalah langkah-langkah untuk memasukkan kode remote LG menggunakan remote universal:

  1. Nyalakan televisi terlebih dulu.
  2. Ambil remote universal tersebut.
  3. Tekan dan tahan tombol set serta tombol power sampai lampu indikator pada remote menyala. Barulah setelah itu kamu bisa melepaskan tombol tersebut.
  4. Selanjutnya silahkan tekan kode remote TV sesuai dengan seri TV-nya. Contohnya saja TV tabung maka kamu bisa menekan angka 103 secara berurutan.
  5. Setelah itu tunggu sebentar dan biasanya lampu indikator yang sebelumnya menyala akan off. Maka itu tandanya remote baru sudah disetel dan bisa digunakan.
  6. Kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan remote tersebut untuk cek channel, suara maupun pengaturan lainnya.

Kode Remote TV Toshiba

Tak tertinggal, televisi merek Toshiba juga banyak digunakan oleh konsumen. Mungkin kamu adalah salah satunya. Televisi satu ini terbilang awet dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Hanya saja masalah kerusakan remote sering kali ditemukan karena kelalaian ataupun hal-hal lain yang bisa merusak. Misalnya saja terjatuh maupun terinjak. Sekali dua kali jelas tidak apa, tapi kalau keseringan bisa membuat remote itu tak bisa bekerja lagi.

Kalau remote TV kamu sedang bermasalah, kamu bisa menggunakan remote universal. Soal kualitas tidak kalah bagusnya dengan remote bawaan. Malahan harganya lebih murah dan bisa kamu jumpai dengan mudah. Setelah itu, bisa disetel sebelum digunakan. Tenang, cara setting remote universal ke TV Toshiba tidak sulit kok.

Sebelum mulai menyetel, kamu perlu mengetahui kode remote TV Toshiba itu sendiri yang nantinya akan digunakan. Berikut untuk daftar kode tersebut:

  • Kode TV Toshiba LCD yakni 089 dan 128
  • Kode TV Toshiba seri tabung yaitu 014, 016, 089, 128, 027, 053, 000, 007, 008, 033, 028, 015, 079, 159 dan 090.

Cara Memasukkan Kode Remote Untuk TV Toshiba

Setelah kita ketahui kode remote TV Toshiba tersebut, selanjutnya kita bisa memasukkan kodenya atau menyetel. Berikut untuk langkah-langkahnya:

  1. Nyalakan TV Toshiba tersebut
  2. Ambil remote universal yang telah kamu beli sebelumnya
  3. Tekan tombol set dan power secara bersamaan lalu tahan sampai lampu indikator pada remote menyala, kalau sudah bisa dilepas
  4. Input kode remote Toshiba sesuai dengan serinya. Contoh untuk TV Toshiba tabung kita pilih angka 014 maka tekan ketiga digit tersebut secara berurutan.
  5. Tunggu sebentar dan nanti lampu yang menyala akan off. Itu tandanya remote dan TV sudah terhubung. Jadi kamu bisa menggunakan remote universal tersebut untuk menggantikan perangkat bawaan yang telah rusak.

Demikianlah opsi untuk kode remote joker dari beberapa merk yang biasanya digunakan oleh konsumen. Meskipun begitu, remote universal yang ditemui juga bisa untuk televisi merk lainnya hanya saja kodenya bisa berbeda-beda. Memilih remote baru jenis universal ini lebih banyak diminati karena lebih praktis, terjangkau dan mudah digunakan. Mungkin bisa saja remote bawaan TV dibawa ke tempat service, tapi kalau harganya lebih mahal tentu saja memberatkan bukan? Melihat hal tersebut, konsumen pun banyak yang lebih memilih beli seri universal.

Remote TV banyak dijual di pasaran, bahkan ditawarkan oleh abang-abang keliling sampai ke gang-gang. Ini artinya kamu pun bisa beli langsung tanpa harus datang ke toko, kan? Ketika remote bawaan sudah tak berfungsi lagi, kamu bisa pilih remote universal. Harganya jauh lebih murah tapi tidak murahan.

Akan tetapi, perlu diketahui sebelum menggunakan kode remote TV seperti yang telah disebutkan di atas, kamu bisa mengecek remote itu terlebih dulu.

Apakah dilengkapi buku petunjuk atau tidak. Jika iya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dianjurkan. Tapi kalau memang tidak ada, kode remote TV di atas bisa menjadi pilihan alternatif terbaik, bukan?

Penggunaan remote universal itu sendiri sudah sangat umum. Mengingat bahwa remote sering kali diletakkan sembarangan bahkan dibanting atau terinjak, jelas saja akan rusak. Menyikapi hal ini, remote universal menjadi jawabannya. Jadi tak perlu repot-repot lagi untuk menonton TV dan mengganti channel, bukan?

Terkadang, di pasaran kita bisa menjumpai remote TV dengan merk yang sama dengan televisi yang kita punya. Biasanya untuk remote model tersebut bisa langsung digunakan tanpa harus menyetel remote TV terlebih dulu.

Malahan lebih praktis, bukan? Kalau memang tidak bisa dipakai langsung, kamu bisa menyetel kode remote TV sesuai langkah-langkah di atas ataupun mengikuti buku petunjuk yang ada. Sehingga, remote baru pun bisa dipakai dengan mudah sekalipun itu bukan bawaan melainkan universal, bukan?