Sandi Merah Putih Dalam Pramuka Beserta Contohnya

Kata sandi dari bahasa sansekerta artinya suatu rahasia. Sedangkan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sandi berarti sebuah rahasia atau kode.

Jika disimpulkan, kata sandi merupakan simbol yang menyimpan makna rahasia. Dimana setiap kode tersebut dapat berbunyi suatu kata atau kalimat.

Simbol itupun banyak digunakan dalam berbagai hal. Salah satunya pada organisasi kepramukaan. Kode rahasia itupun ada sangat banyak, satu diantaranya adalah sandi merah putih.kode sandi merah putih

 

Baca Lagi Kuy : Sejarah Pramuka Dunia dan Indonesia

Dalam pramuka, kode sandi seringkali digunakan dan harus dikuasai. Tidak harus semuanya, umumnya salah satu atau beberapa saja sudah cukup. Berikut adalah contoh-contoh nama sandi di kepramukaan:

  • Sandi koordinat atau merah putih
  • Sandi morse
  • Sandi rumput
  • Sandi napoleon
  • Sandi jam
  • Sandi siput
  • Sandi angka/nomor
  • Sandi semaphorse
  • Sandi hellen killer
  • Sandi and
  • Sandi braile
  • Sandi bata
  • Sandi abjad
  • Sandi ular
  • Sandi kimia
  • Sandi kotak.

Ada lebih dari satu simbol pramuka, masing-masing punya kode rahasia yang unik. Selain itu, cara bacanya juga beda-beda. Pasalnya, dari satu simbol yang digabung dengan simbol lain akan membentuk suatu pesan atau kalimat. Biasanya yang paling sering digunakan adalah sandi morse, semaphorse, angka dan koordinat.

Sebagai anggota pramuka tentu tidak asing dengan istilah sandi. Sebab simbol tersebut seringkali diminta untuk dipelajari. Hal itu bukan tanpa ada tujuan, karena sandi pramuka menyimpan kegunaan tersendiri, diantaranya:

  1. Sebagai alat komunikasi antar kelompok atau regu
  2. Sebagai salah satu sarana pembelajaran dalam menyesaikan masalah ataupun tugas pramuka
  3. Sebagai bagian dari permainan dalam pramuka yang mengasah kecerdasan.

Sebagai contohnya, sandi koordinat yang termasuk salah satu kode yang banyak digunakan dalam pramuka. Sandi ini punya nama lain yaitu simbol merah putih. Sesuai namanya, huruf-huruf dalam sandi ini dikodekan ke dalam warna merah dan putih. Seperti apa ya detailnya?

Contoh Sandi Merah Putih Pada Pramuka

Sandi merah putih dalam pramuka Indonesia berisikan huruf alfabet yang dikategorikan dalam kotak merah putih. Dimana setiap satu huruf akan memiliki dua kode, satu dari kata merah dan satunya dari kata putih.

Agar lebih jelas berikut adalah detail tabel sandi koordinat:

 

P U T I H
M A B C D E
E F G H I J
R K L M N O
A P Q R S T
H U V W X Y

 

Dan huruf Z ada di bagian kotak H pada kolom tulisan merah, tidak ada pasangan di kolom kata putih. Jika diperhatikan, dari tabel di atas cara menghafal kode koordinat satu ini cukup mudah. Meski demikian, tiap-tiap sandi pramuka punya tingkat kesulitan masing-masing.

Sandi Merah Putih Dan Contohnya

Cara menuliskan kode koordinat adalah dari kata mendatar (putih) baru ke kata menurun (merah). Agar lebih mudah, berikut contoh kalimat dengan kode merah putih. Kata “saya” jika disandikan dalam koordinat merah putih jadi IA – PM – HH – PM.

Sandi Merah Putih Pancasila

Dari penjabaran di atas, kriteria sandi koordinat cukup mudah dihafal. Pasalnya tinggal menyesuaikan huruf pada kolom mendatar dan horizontal. Jika dibandingkan dengan sandi-sandi pramuka yang lain, sandi koordinat terbilang cukup mudah dipelajari. Jika ada persoalan untuk memecahkan kode koordinat, bisa langsung dikerjakan. Semisal bingung, dapat membuat tabel seperti di atas. Alhasil, pemecahan simbol merah putih terselesaikan dengan mudah.

Biasanya, penggunaan simbol koordinat atau merah ada pada acara tebak-tebakan. Dimana kakak pembina akan memberi pertanyaan kemudian para peserta diminta untuk menjawab. Kegiatan pramuka dengan bermain simbol akan semakin menyenangkan dan pasti menambah pengetahuan.

Kebanyakan kelas penegak dan penggalang sudah diperkenalkan sandi koordinat. Sedangkan di tingkat siaga masih jarang. Kode-kode tersebut juga ditemui dalam perlombaan kegiatan kepramukaan. Seperti lomba cerdas cermat pramuka misalnya.

Sebagai peserta didik sekaligus anggota pramuka tentu wajib tahu sandi-sandi yang ada. Setidaknya paham satu jenis simbol kan ya. Seperti sandi merah putih yang gampang dipelajari untuk menambah wawasan. Di samping itu, kode-kode lain dalam kepramukaan juga bisa dipelajari untuk bekal belajar tentang pramuka.